breaking news New

Ulasan Sejarah, Aturan dan Cara Melakukan Permainan Olahraga Lempar Lembing

Lembing merupakan olahraga yang dimulai dari penggunaan tombak sehari-hari dalam berburu atau berperang yang populer di Yunani Kuno dan dimasukkan dalam Olimpiade sebagai bagian dari pentathlon pada 708 SM. Sejak 1908 untuk pria dan 1932 untuk wanita, itu telah menjadi komponen Olimpiade modern.
Olahraga Lembing putra telah dimodifikasi pada tahun 1986, dengan pusat gravitasi bergeser ke depan empat cm. Dengan menurunkan hidungnya lebih awal dan lebih curam, itu mampu mengurangi jarak lempar sekitar 10%. Mengikuti rekor dunia Uwe Hohn dari Jerman Timur 104,80m yang dibuat pada tahun 1984, para pria berada dalam bahaya melempar lembing di luar area yang diizinkan di stadion biasa. Lembing wanita juga dimodifikasi pada tahun 1999.
Berat, ukuran, bentuk, & pusat gravitasi dari olahraga lembing semuanya ditentukan oleh aturan IAAF. Lembing harus dipegang dari genggaman & dilempar ke atas yaitu di atas bahu lengan atas atlet. Atlet dilarang berbalik sepenuhnya sehingga punggung mereka menghadap ke arah lemparan lembing. Lemparan lembing dianggap sah hanya jika ujung lembing mendarat di dalam sektor lemparan lembing. Juga, ujung lembing harus menyentuh tanah sebelum bagian lembing lainnya. Atlet dengan lemparan legal tunggal terpanjang (melewati semua ronde) adalah pemenangnya.
Berat Lembing
Pria – 800 gram.
Wanita – 600 g
Panjang lembing
Pria – 2,6 dan 2,7 m (8 kaki 6 inci dan 8 kaki 10 inci)
Wanita: 2,2 dan 2,3 m
Atlet tidak boleh membalikkan punggungnya ke area pendaratan pada titik mana pun selama pendekatan dan lemparan, melemparkan lembing di atas bagian atas lengan lemparnya, dan tidak melewati garis busuk, juga dikenal sebagai garis gores, di sembarang waktu. waktu. Selain itu, lembing harus mendarat terlebih dahulu dan dalam sektor 29 derajat yang ditentukan.
Lemparan diukur dari titik di mana ujung pertama menyentuh tanah. Atlet biasanya melempar tiga sampai enam kali selama kompetisi. Dalam kasus seri, atlet yang melakukan upaya terbaik berikutnya akan dinyatakan sebagai pemenang. Sesi kualifikasi biasanya diikuti oleh final di kejuaraan besar.