breaking news New

Makanan Khas Timur Tengah Yang Mudah Ditemukan

Kuliner khas Timur Tengah terkenal kaya akan bumbu dan rempah-rempah. Beberapa dari kuliner khas Timur Tengah ini bahkan sangat mudah ditemukan di Indonesia. Jika kamu tertarik dengan makanan khas Timur Tengah, berikut beberapa rekomendasi makanan khas Timur Tengah yang enak untuk kamu coba.

1. Falafel
Falafel adalah makanan yang terbuat dari kacang arab yang dicampur dengan sedikit tepung terigu dan bumbu khas Mediterania. Kemudian diproses dengan cara digiling, dipadatkan, dibuat berbentuk bola-bola, kemudian digoreng. Dalam penyajiannya falafel biasanya dibungkus dengan sebuah roti pipih yang bernama lafal. Untuk campurannya sendiri falafel biasanya ditambahkan selada, asinan, dan acar sayuran, saus peas, atau saus yoghurt.

2. Nasi Kebuli Arab
Selain rasanya yang menggugah selera, makanan khas Arab satu ini mudah untuk ditemukan. Nasi kebuli ini terkenal karena memiliki cita rasa yang gurih, serta aroma yang sedap, karena rempah Timur Tengah yang sangat khas. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan tambahan acar serta sambal pelengkap.

3. Hummus
Hummus merupakan salah satu jenis makanan khas Timur Tengah dengan bahan dasar tepung roti. Kacang Arab yang sudah dihaluskan lentini, tahini atau biji wijen yang sudah dihaluskan. Roti tradisional khas Timur Tengah ini kerap disajikan bersama dengan kentang yang sebelumnya sudah dipanggang terlebih dahulu.

4. Malabari Paratha
Makanan ini dikenal dengan sebutan roti canai, roti Maryam atau roti parotta. Roti ini berbentuk pipih karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak. Untuk penyajiannya biasanya dihidangkan bersama dengan kari kambing atau domba dengan cita rasa yang gurih

5. Sambosa
Makanan khas Arab Saudi selanjutnya yang patut untuk dicoba adalah sambosa. Sambosa biasanya terbuat dari bahan dasar daging yang sudah dicincang yang kemudian ditumis terlebih dahulu, serta dicampur menggunakan rempah. Sambosa juga banyak ditambahkan topping lain seperti sayuran, kentang, kacang polong, bawang Bombay, dan ketumbar.

6. Katayef
Katayef merupakan makanan khas Arab Saudi semacam kue manis mirip pancake, namun berukuran mungil. Katayef dibuat dari adonan terigu, gula, ragi, dan susu. Selain itu ada juga yang menambahkan vanili maupun kayu manis sebagai aroma. Katayef biasa disajikan sebagai makanan penutup.