Laptop Lemot, Jangan di Banting. Begini Cara Mengatasinya!

ilustrasi seseorang sedang kesal dengan laptopnya yang lemot ilustrasi seseorang sedang kesal dengan laptopnya yang lemot

Kinerja laptop yang lambat akan mengganggu pengguna laptop terlebih dalam urusan mendesak. Mulai dari saat pandemic hingga kita, segala aktivitas tak terlepas dari kegiatan yang menggunakan teknologi seperti laptop. Mulai dari pekerja hingga pelajar yang diharuskan menggunakan laptop sebagai media pembelajaran jarak jauh. Saat laptop lambat bekerja jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan yang baru karena ada beberapa cara mengatasi laptop yang lemot atau lambat. Sebelum itu, kita harus mengetahui apa penyebabnya.

Penyebab Laptop Lemot

  • Kinerja laptop yang terlalu berat, Penyebabnya bisa jadi karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan di layar belakang.
  • Kapasitas hard disk yang penuh, Penyimpanan yang penuh mempengaruhi kinerja laptop yang semakin berat.
  • Terdapat program berat yang tidak didukung oleh laptop.
  • Ram terlalu kecil, Ram yang memiliki kapasitas terlalu kecil dengan penyimpanan atau aplikasi yang digunakan secara bersamaan terlalu banyak membuat kinerja laptop menurun.
  • Terkena virus, Banyak virus yang masuk melalui file atau internet yang digunakan. Ini merupakan salah satu penyebab laptop lemot yang paling sering terjadi.

Cara Mengatasi Laptop Lemot 

Penggunaan laptop yang melwati batas dapat membuat laptop menjadi ngelag. Perhatikan dan sinak cara-cara dibawah ini agar laptop tidak ngelag atau lemot.

1. Gunakan anti virus 

Alasan yang paling sering terjadi adalah adanya virus yang menyerang membuat kinerja laptop semakin lambat. Untuk mencegah penurunan kinerja laptop usahakan untuk menggunakan anti virus. Pastikan untuk selalu mengecek anti virus secara berkala dan lakukan update pada aplikasi anti virus.

2. Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kapasitas laptop

Sebelum membeli laptop, lihat dulu spesifikasi laptop tersebut apakah sudah sesuai dengan penggunaan sehari-hari. Jenis laptop berbeda-beda, ada yang khusus untuk game, editor video, atau desain grafis, dan ada juga laptop dengan harga yang tidak terlalu mahal dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan anak sekolah atau pekerjaan yang tidak terlalu banyak menggunakan aplikasi. Untuk menghindari laptop yang lemot maka gunakan aplikasi yang sesuai dengan kinerja laptop itu sendiri.

3. Uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan

Gunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan apabila aplikasi tersebut sudah tidak digunakan lebih baik untuk di uninstall. Sangat disayangkan apabila laptop hanya penuh dengan aplikasi yang tidak digunakan. Dengan cara ini anda dapat mengembalikan laptop ke kondisi yang normal.

4. Tambahkan RAM

Jika anda membeli laptop dengan kapasitas RAM yang kecil anda dapat menambahkan RAM agar kinerja laptop kembali normal. Saat akan menambahkan RAM yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi RAM tersebut.

5. Gunakan Cooling Pad

Cooling pad adalah kipas tambahan agar laptop tidak terlalu panas. Suhu panas juga berpengaruh terhadap kinerja laptop yang semakin melambat. Selain dengan menggunakan cooling pad anda juga bisa menambahkan vacuum cooler yang dapat menyedot udara panas di dalam laptop. Kedua alat ini sangat berguna untuk mempertahankan suhu laptop agar tetap stabil.

6. Lakukan Reset Windows

Reset windows juga bisa menjadi solusi ketika laptop terasa lemot saat digunakan apalagi laptop yang digunakan sudah tua. Usia laptop juga mempengaruhi kinerja laptop khususnya pada windows. Sebelum melakukan reset windows pastikan anda sudah membackup data yang penting atau seluruh data yang terdapat di dalam laptop.

7. Rutin Hapus File di Folder Temporary

File yang ada di dalam folder temp adalah file hasil ekstrak. Penggunaan laptop biasanya lupa kalau file hasil ekstrak ini tersimpan secara otomatis di penyimpanan laptop. Pengguna laptop dianjurkan untuk rutin menghapus file di folder temporary untuk menjaga kinerja laptop. Hal ini menjadi penyebab laptop lemot. Cara menghapus file di folder temporary adalah sebagai berikut :

  • Tekan tombol windows + R
  • Ketik %temp% pada kolom yang tersedia lalu enter
  • Blok semua file dengan CTRL+A
  • Klik shift + delete 

itu dia beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa anda lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa service. Merawat laptop secara rutin agar laptop tidak lemot. Jika anda sudah mencoba cara-cara diatas tetapi laptop masih terasa lemot, segara hubungi service laptop terdekat.