breaking news New

Intip Yuk 3 Dodol Dari Berbagai Daerah di Indonesia!

Dodol adalah camilan yang cukup populer di Indonesia. Bahkan, beberapa daerah menciptakan dodol versi daerahnya sendiri sehingga setiap daerah di Indonesia memiliki dodol khas yang identik dengan rasanya masing masing.

Meski bahan, rasa, aroma, dan tampilannya berbeda, semua dodol tetap memiliki tekstur yang kenyal dan lembut sehingga dapat dinikmati oleh segala kalangan usia. Dodol juga memiliki cita rasa yang manis khas, meski rasa identiknya berbeda.

Bagi kamu para pecinta dodol, intip yuk 3 dodol dari berbagai daerah di Indonesia!

1. Dodol Betawi

Dodol ini pastinya adalah dodol khas Betawi. Terbuat dari beberapa macam bahan, mulai dari santan kelapa, beras ketan, daun pandan, dan gula merah. Terdengar menarik bukan?

Konon, Dodol Betawi adalah makanan berkelas di zaman dahulu kala. Dodol ini disajikan di beberapa hajan atau acara sakral untuk menyambut para tamu. Dodol Betawi juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

2. Dodol Kerinci

Apa yang terlintas dipikiran kamu ketika mendengar nama dodol yang satu ini? Dodol Kerinci adalah dodol yang berasal dari Kabupaten Kerinci di Jambi. Kalau kamu sedang di Kerinci, sepertinya jajanan ini menjadi pilihan tepat untuk bisa kamu nikmati sambil bersantai atau dijadikan oleh oleh untuk orang tersayang.

Dodol Kerinci memiliki cita rasa yang identik, terasa cukup manis dan tidak terlalu manis. Dodol ini bertekstur lebih renyah dibandingkan dengan dodol lainnya yang mungkin melekat di gigi. Makanan ini sangat mudah dinikmati oleh segala macam usia.

3. Dodol Garut

Dodol yang satu ini sudah pasti berasal dari Garut. Camilan ini cukup populer tidak hanya di Garut tapi di seluruh Indonesia. Memiliki tampilan yang berwarna warni membuatnya sangat menarik untuk dicicipi. Bahkan, jajanan ini tidak hanya diburu orang dewasa, tetapi juga manula dan anak anak.

Tampilan yang berwarna ternyata berasal dari macam macam varian rasa yang bisa kamu pilih sendiri mulai dari dodol durian, dodol nanas, dodol Nangka, dodol wijen, hingga dodol kacang. Kalau kamu sedang di Garut sebaiknya kamu mampir ke toko oleh oleh atau pasar tradisional untuk membeli ini dan dijadikan sebagai oleh oleh untuk orang di rumah.


Itulah 3 macam dodol dari 3 daerah yang berbeda di Indonesia, apakah kamu akan menjadikan dodol ini sebagai oleh oleh untuk orang keluarga, kerabat, dan rekan kerja?