breaking news New

CARA MEMAINKAN ALAT MUSIK ANGKLUNG YANG BENAR SEHINGGA MENGHASILKAN BUNYI YANG INDAH

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini sudah mulai dikenal dunia. Pada November 2010, angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO. Pastinya sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga akan budaya yang kita miliki ya. Meskipun alat musik angklung terlihat mudah dimainkan, hanya perlu menggoyangkan alat musik itu saja, tetapi jangan salah, ada teknik yang harus dilakukan agar dapat menghasilkan bunyi yang merdu dan indah.

Cara Bermain Angklung
Cara Memegang Angklung:
Cara memegang angklung adalah hal pertama yang harus diperhatikan oleh pemain angklung. Ketepatan cara memegang angklung ini penting untuk kenyamanan dan bertujuan untuk menghasilkan bunyi yang benar. Pada salah satu tangan (biasanya tangan kiri) sehingga angklung tergantung bebas, sementara tangan lainnya (biasanya tangan kanan) menggoyangnya hingga berbunyi.

Teknik Dasar Menggoyang Angklung:
1. Kurulung (Getar)
Kurulung merupakan teknik paling umum dipakai, di mana tangan kanan memegang tabung dasar dan menggetarkan ke kiri-kanan berkali-kali selama nada ingin dimainkan.

2. Centok (Sentak)
Centok adalah teknik di mana tabung dasar ditarik dengan cepat oleh jari ke telapak tangan kanan, sehingga angklung akan berbunyi sekali saja (stacato).

3. Tengkep
Mirip seperti kurulung namun salah satu tabung ditahan tidak ikut bergetar. Pada angklung melodi, teknik ini menyebabkan angklung mengeluarkan nada murni (satu nada melodi saja, tidak dua seperti biasanya). Sementara itu pada angklung akompanimen mayor, teknik ini digunakan untuk memainkan akord mayor (3 nada), sebab bila tidak ditengkep yang termainkan adalah akord dominan septim (4 nada).

Membaca Partitur
Dalam memainkan angklung menggunakan partiture angka, tujuannya untuk mempermudah orang yang ingin mempelajarinya. Untuk oktaf yang berbeda biasanya digunakan tanda titik(.). Dimana satu titik angka dibawah membedakan nada, nada rendah dan nada tinggi.

Untuk memperkaya suasana lagu, instrumen selain angklung dapat ditambahklan baik instrumen melodis digunakan untuk memperkaya melodi, terutama melodi-melodi lagu yang terlampau rumit. Instrumen perkusi digunakan untuk menumbuhkan suasana tertentu melalui pola-pola ritmik menjadi khas berbagai jenis lagu.