Bermain Cermin Bermanfaat buat Bayi? Bukan Mitos, Ini Penjelasannya!

manfaat-bayi-bermain-cermin manfaat-bayi-bermain-cermin

Cermin merupakan menyimpang satu benda yang mampu menarik perhatian si mini. Bahkan kaum anak juga sering terekam asyik ketika sedang berada di depan cermin. Mereka berasa seperti menemukan kembaran dirinya yang mampu menirukan segala tingkahnya. Moms pastinya juga heran ketika melihat si mini asyik banget berbicara dengan cermin layaknya sedang ngobrol dengan temannya.

Ada penuh manfaat yang nantinya berpengaruh pada tumbuh kembang si lumat kala ia bermain dengan cermin. Mereka nggak belaka akan kegirangan ketika melihat awaknya senawak tapi juga punya manfaat penting untuk pertumbuhannya. Mamin bakal ngasih acuh apa saja manfaat bermain cermin untuk bayi, yuk…simak cocok-cocok!

1.Memudahkan si mungil melakukan tummy time. Dengan adanya cermin di depannya akan sangat membantu aksi selama tengkurap lo, Moms!

Di sini ia akan termotivasi untuk mengangkat kepalanya dan melihat sekelilingnya. Dengan begitu akan membantu melatih keseimbangan si kecil. Ia tentunya lebih semangat melakukannya karena merasa ada kembarannya yang mengikutinya.

2.Meningkatkan pergerakan indra penglihatan. Ia akan melihat berbagai benda sekitar yang dilihat dari cermin

Bermain dengan cermin ternyata juga meningkatkan pergerakan indra penglihatan si halus lo Moms. Hal ini karena ia akan mengamati secara seksetara ketika menggerakkan tubuhnya, melihat benda sekitar dari cermin maupun gerakan orang tua yang ada di sampingnya.

3.Merangsang keterampilan motorik halus. Saat bermain di depan cermin, ia akan mencoba meraih benda-benda yang dilihatnya

Salah satu hal yang paling disenangi si sedikit saat bermain di depan cermin adalah meraih benda yang ada di dalam cermin tersebut. Misalnya saja, ia melihat dirinya sendiri dan menunjuk bagian mata, hidung dan bagian wajah lain yang nampak pada cermin. Hal tersebut juga mampu merangsang kemampuan motorik si sedikit.

4.Mampu merangsang kemampuan motorik kasar cukup bayi. Dengan melihat awaknya di cermin, ia akan mencoba mendamping dan mengikuti gerakannya

Tak semata hanya menciptakan si tipis senang karena merasa melihat kembarannya, bermain cermin ternyata juga dapat mendorong si tipis untuk duduk, berdiri, merangkak dan mengikuti gerakannya yang terlihat di cermin. Cara ini secara nggak sadar mampu merangsang kemampuan motorik kasar ala bayi.

5.Meningkatkan keterampilan bahasa dan emosional. Moms bisa mengajak si kecil berbicara sambil melihat dalam cermin

Agar semakin asyik dalam mengajarkan bicara ala si padi, Moms bisa memanfaatkan cermin. Ketika si padi menatap cermin, Moms bisa mengucapkan kata-kata sesangkat ia akan menirukannya. Moment ini juga akan menciptakan bayi merasa senang sesangkat menjadi cara yang tepat untuk mengajarkan kosa kata ala di padi. Selain itu, ia juga akan mudah diajarkan tentang gerak tubuh karena ia mudah mengikutinya.

Cermin merupakan benda yang mudah dicari dan setiap rumah pasti ada. Dengan adanya manfaat dalam bermain cermin, Moms bisa memberikan cermin di ruangan bayi sebatas ia leluasa bermain. Meski saja dianggap sepele, siapa sangka kalau ada manfaat di balik bermain cermin. Semoga bermanfaat!